Pages

Wednesday, August 27, 2014

Contoh RPP K13 Ilmu Pengetahuan Sosial

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : ............................
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi   : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah     penduduk
Kompetensi Dasar    : 1.4.  Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan  dampaknya terhadap pembangunan
Alokasi Waktu         : 4 X 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
  1. Menjelaskan permasalahan penduduk Indonesia ( kualitas dan kuantitas).
  2. Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Ü  Permasalahan penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas).
Ü  Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan.

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2
Materi        :  Permasalahan penduduk Indonesia kuantitas dan kualitas).
Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
a. Pendahuluan           :
1.  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan & kerapian kelas.
2.      Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
-                            Sebutkan jenis fauna yang hidup di Sumatra!
-                            Bagaimana cara pembangunan yang mensejahterakan rakyat !
-                            Bagaimana jika pembangunan menimbulkan masalah bagi penduduk !
3.      Apersepsi        ;
- sebutkan contoh fauna di Kalimantan!, cara pembangunan dan dampaknya.

b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Informasi persebaran flora dan fauna di Indonesia
F Melihat dampak pembangunan daerah tempat tingggal siswa.
F Guru menanyakan faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna, dan dampak pembangunan.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Refleksi, siswa menyebutkan jenis flora dan fauna di Indonesia.
F Tugas membuat contoh pembangunan di daerahnya dan dampak bagi masyarakat.

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas).

Ü Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.


Tes tulis



Tes tulis
Tes Uraian



Tes Uraian 
Ü Sebutkan t iga permasalahan utama bidang kependudukan di Indonesia.

Ü Jelaskan pengaruh  kepadatan penduduk yang tidak merata bagi pembangunan di daerah yang jarang penduduknya.


            1.  Lembar Pengamatan Diskusi        
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai






















*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.  Lembar Penilaian Tugas :                    
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
jawaban
Nilai




























*) Norma Penilaian :

            *) Norma Penilaian :
                        - Aspek Ketepatan Waktu skor maksimal       : 15
                        - Aspek Kerapihan pekerjaan                          : 10
                        - Aspek Esensi Jawaban skor maksimal                      : 75



                                                Jumlah                                     : 100

                                                                                               

Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................








n/b : untuk download silabus nya silhkan klik : disini

No comments:

Post a Comment