Pages

Saturday, September 06, 2014

MARKETING MIX



Menurut Douglas W. Foster
Marketing mix adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi secara sekaligus dan bersama-sama dikerahkan untuk mencapai tujuan badan usaha.
Menurut Drs. Tan Kiat Dwjee
Marketing mix adalah suatu tindakan manajer perusahaan yang mampu mempengaruhi permintaan akan barang hasil produksi perusaahaannya.
Menurut Swastha (1985:94)
Marketing mix adalah empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu: produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
Jadi Marketing Mix adalah keikut sertaan berbagai pihak semua bertanggung jawab atas pekerjaannya masing-masing dengan tujuan yang sama dalam memasarkan barang sampai ketangan konsumen.
·      Dasar dari marketing mix adalah faktor atau unsur dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Unsur-unsur yang dikombinasikan dalam marketing mix dalam perusaahn barang dapat dibagi menjadi 4 macam:
1.    Product ( Produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari:
a.    Jumlah barang
Jumlah barang yang akan ditawarkan kepada konsumen harus disesuaikan dengan luas pasar yang ada, kapasitas produksi perusahaan dan besarnya laba yang diharapkan.
b.    Macam atau jenis
Macam produk yang dipersiapkan harus variatif baik dari segi produk, model, kualitas,penampilan, warna dll.
c.    Cara pelayanan
Dibeberapa negara maju, pelayanan merupakan faktor yang penting dalam usaha memasarkan produknya. Konsumen lebih mementingkan yang baik dari pada harga produk yang murah tetapi dengan pelayanan yang tidak memuaskan.
d.    Pemberian merk
Cap atau merk merupakan identitas diri suatu produk. Pemberian merk sebaiknya disesuaikan dengan kegunaan dariproduk tersebut.
e.    Penampilan barang dan pembungkus
Fungsi utama pembungkus adalah perlindungan barang yang dibungkusnya. Selain sebagai pelindung, pembungkus digunakan sebagai daya tari tersendiri bagi produk tersebut.

2.    Price (harga), yaitu sejumlah uang konsumen yang bayar untuk membeli produk atau mengganti hak milik produk. Harga meliputi: last price,discount, allowance, payment,period,credit terms and retail price.
a.    Persyarat kredit
b.    Syarat Pembelian
c.    Penjualan Langsung
d.    Harga patokan
3.    Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusaahn untuk membuat produk yang dihasilkan/ dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi: channel, coverageassortments locations inventory, and transport.
4.    Promotion (promosi) yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain: Sales Promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.. Variabel yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (kotler,1997:604)
a.    Advertising, yaitu semua bentuk persentasi nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b.    Sales Promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c.    Public relations and publicity yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan melindungicitra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan .
d.    Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calonpembeli dengan tujuan melakukan penjualan
e.       Direct marketing , yaitu melakukan komunikasi secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon pembeli tertentu yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon danalat penghubung nonpersonal lainnya
·      Apabila pada perusahaan jasa marketing mix ditambah lagi dengan 3 komponen diantaranya adalah:
5.    Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan.
6.    Productivity and quality , yaitu produktivitas adalah sejauh mana efesiensi masukan-masukan layanan yang ditransformasikan kedalam hasil-hasil layanan yang dapat menmbah nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan.
7.    People adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalamkegiatan memproduksi produk dan layanan (service, production)
8.    Physical environment adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.

No comments:

Post a Comment