Menurut
Douglas W. Foster
Marketing
mix adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor
produksi secara sekaligus dan bersama-sama dikerahkan untuk mencapai tujuan
badan usaha.
Menurut
Drs. Tan Kiat Dwjee
Marketing
mix adalah suatu tindakan manajer perusahaan yang mampu mempengaruhi permintaan
akan barang hasil produksi perusaahaannya.
Menurut
Swastha (1985:94)
Marketing
mix adalah empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem
pemasaran perusahaan yaitu: produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem
distribusi.
Jadi
Marketing Mix adalah keikut sertaan berbagai pihak semua bertanggung jawab atas
pekerjaannya masing-masing dengan tujuan yang sama dalam memasarkan barang
sampai ketangan konsumen.
·
Dasar dari marketing
mix adalah faktor atau unsur dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Unsur-unsur
yang dikombinasikan dalam marketing mix dalam perusaahn barang dapat dibagi
menjadi 4 macam:
1.
Product ( Produk)
adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat,
dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari:
a.
Jumlah barang
Jumlah barang
yang akan ditawarkan kepada konsumen harus disesuaikan dengan luas pasar yang
ada, kapasitas produksi perusahaan dan besarnya laba yang diharapkan.
b.
Macam atau jenis
Macam produk
yang dipersiapkan harus variatif baik dari segi produk, model,
kualitas,penampilan, warna dll.
c.
Cara pelayanan
Dibeberapa
negara maju, pelayanan merupakan faktor yang penting dalam usaha memasarkan
produknya. Konsumen lebih mementingkan yang baik dari pada harga produk yang
murah tetapi dengan pelayanan yang tidak memuaskan.
d.
Pemberian merk
Cap atau merk
merupakan identitas diri suatu produk. Pemberian merk sebaiknya disesuaikan
dengan kegunaan dariproduk tersebut.
e.
Penampilan barang dan
pembungkus
Fungsi utama
pembungkus adalah perlindungan barang yang dibungkusnya. Selain sebagai
pelindung, pembungkus digunakan sebagai daya tari tersendiri bagi produk
tersebut.
2.
Price (harga), yaitu
sejumlah uang konsumen yang bayar untuk membeli produk atau mengganti hak milik
produk. Harga meliputi: last price,discount, allowance, payment,period,credit
terms and retail price.
a.
Persyarat kredit
b.
Syarat Pembelian
c.
Penjualan Langsung
d.
Harga patokan
3.
Place (tempat), yaitu
berbagai kegiatan perusaahn untuk membuat produk yang dihasilkan/ dijual
terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi: channel,
coverageassortments locations inventory, and transport.
4.
Promotion (promosi)
yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan
produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain: Sales
Promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing..
Variabel yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (kotler,1997:604)
a.
Advertising, yaitu
semua bentuk persentasi nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasa oleh
sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b.
Sales Promotion, yaitu
insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk
dan jasa.
c.
Public relations and
publicity yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan
melindungicitra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan .
d.
Personal selling, yaitu
interaksi langsung antara satu atau lebih calonpembeli dengan tujuan melakukan
penjualan
e.
Direct marketing ,
yaitu melakukan komunikasi secara langsung untuk mendapatkan respon dari
pelanggan dan calon pembeli tertentu yang dapat dilakukan dengan menggunakan
surat, telepon danalat penghubung nonpersonal lainnya
·
Apabila pada perusahaan
jasa marketing mix ditambah lagi dengan 3 komponen diantaranya adalah:
5.
Process adalah suatu
metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan
produk dan layanan yang baik kepada pelanggan.
6.
Productivity and
quality , yaitu produktivitas adalah sejauh mana efesiensi masukan-masukan
layanan yang ditransformasikan kedalam hasil-hasil layanan yang dapat menmbah
nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang
dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan
harapan.
7.
People adalah pelanggan
dan karyawan yang terlibat dalamkegiatan memproduksi produk dan layanan
(service, production)
8. Physical
environment adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara
nyata kualitas produk dan layanan.
No comments:
Post a Comment